fbpx

Gigi Tiruan atau Gigi Palsu – Denture

Terkadang, kerusakan yang meluas pada gigi atau jaringan tulang penyangganya membuat gigi tidak dapat dipertahankan di dalam mulut dan harus dicabut. Namun, pencabutan gigi sama sekali bukan jawaban akhir dari semua masalah, melainkan pintu gerbang dari masalah baru lainnya. Gigi-geligi di sekitar bekas cabutan akan bergerak mengisi ruang kosong tersebut. Hal ini berpotensi menyebabkan gigi menjadi berjarak (jarang-jarang), gangguan mengunyah, gangguan sendi rahang, serta wajah terlihat lebih tua. Sebaiknya, setiap gigi yang hilang segera digantikan dengan gigi tiruan. Ada banyak pilihan gigi tiruan, yang dapat dilepas pasang maupun yang tidak. Konsultasikan kasusmu untuk mendapatkan alternatif perawatan yang paling sesuai.


  • Implan Gigi: Implan gigi adalah pilihan gigi tiruan yang paling ideal dan nyaman digunakan. Implan gigi dapat mengembalikan fungsi pengunyahan dan estetik dengan sangat baik. Kesehatan umum dan kebersihan mulut pasien harus dipastikan baik sebelum memilih perawatan ini. Implan gigi bersifat permanen, tidak dapat dilepas pasang, dan bertahan hampir seumur hidup. Pemasangan implan gigi dilakukan dengan menempatkan penyangga titanium di dalam tulang rahang. Dalam waktu 6 minggu sampai 3 bulan, dilakukan observasi untuk melihat penyatuan penyangga tersebut dengan tulang (osseointegrasi). Setelah osseointegrasi terbentuk dengan baik, mahkota tiruan porselen dapat ditempatkan di atasnya. Secara klinis, ‘gigi’ tersebut hampir tidak dapat dibedakan dengan gigi asli.
  • Bridge: Bridge adalah cara mengganti gigi yang hilang dengan menempatkan mahkota tiruan di gigi geligi di samping gigi yang hilang, kemudian menyambungkannya mahkota tiruan yang mengisi ruang kosong tersebut. Sama seperti implan, bridge tidak dapat dilepas pasang dan bertahan lama di dalam mulut. Bridge dapat terbuat dari metal maupun porselen. Proses pembuatan bridge membutuhkan sedikitnya dua kali kunjungan dalam rentang waktu maksimal adalah dua minggu.
  • Frame Denture/Gigi Tiruan Kerangka Logam: Untuk kehilangan gigi yang banyak, pilihan perawatan jatuh pada gigi tiruan yang dapat dilepas pasang. Hal ini berkaitan dengan distribusi beban kunyah ke tulang rahang. Gigi tiruan lepasan dapat terbuat dari akrilik, atau kombinasi antara frame logam/metal dengan akrilik.
Buat janji