Perawatan saluran akar, Root Canal Treatment

Lubang gigi yang dibiarkan terus menerus akan berprogres mencapai saluran akar gigi yang berisi saraf dan pembuluh darah. Ketika saluran akar gigi sudah terbuka karena proses lubang gigi, bakteri akan mudah masuk dan menyebabkan rasa sakit yang cukup menyiksa. Pada beberapa kasus, rasa sakit tersebut terasa berdenyut dan memburuk ketika berbaring. Hal ini menandakan adanya invasi kuman yang membuat jaringan saraf dan pembuluh darah di dalam gigi membusuk. Rasa sakit hebat pada fase ini biasanya bertahan selama 3-7 hari. Obat penghilang rasa sakit dapat membantu, tetapi hanya meredakan gejala saja. Proses infeksi dan pembusukan jaringan di dalam gigi tetap berlanjut. Jadi, kalau kamu merasakan sakit hebat pada gigi yang berlubang atau ditambal besar, kamu harus segera ke dokter gigi!

Perawatan saluran akar diperlukan untuk menghilangkan infeksi tersebut. Tujuannya untuk meredakan sakit dan mencegah bakteri berprogres ke tulang rahang. Infeksi yang dibiarkan terlalu lama tanpa perawatan akan menimbulkan gusi bengkak, bau mulut, sampai ke kista.

Perawatan saluran akar biasanya dilakukan dalam dua sampai empat kali kunjungan, bergantung pada keparahan dan diagnosis setiap kasus. Dokter gigi kami akan membersihkan bagian dalam gigi sampai ke ujung akarnya, melakukan desinfeksi, dan mengisi ruang saluran tersebut dengan bahan khusus yang mencegah infeksi ulang di kemudian hari. Setelahnya, gigi akan siap menerima restorasi atau tambalan akhirnya.

Gigi yang sudah dirawat saluran akar biasanya memerlukan tambalan khusus agar tidak pecah/patah di kemudian hari. Tambalan khusus tersebut dapat berupa onlay, overlay, maupun crown atau mahkota tiruan. Perawatannya memang cukup rumit dan memerlukan beberapa kali kunjungan untuk memastikan tidak ada sisa bakteri atau kuman yang tertinggal. Diperlukan kerjasama yang baik antara pasien dan dokter agar keberhasilan perawatan ini dapat tercapai.