fbpx

Pencabutan Gigi Bungsu, Wisdom Teeth

Memasuki usia dewasa yaitu rentang 18-27 tahun, terdapat empat gigi geraham terakhir yang akan muncul ke dalam rongga mulut. Gigi-gigi ini disebut dengan gigi bungsu atau wisdom teeth. Pada hampir sebanyak 70% dari populasi orang dewasa dunia, gigi geraham bungsu ini tidak dapat tumbuh dengan posisi sempurna ke dalam rongga mulut akibat kekurangan ruangan. Hal ini disebut dengan gigi impaksi.

Gigi impaksi mungkin tidak menimbulkan rasa sakit, bahkan beberapa orang tidak menyadari keberadaannya. Tetapi apabila gigi impaksi tersebut berusaha untuk erupsi atau muncul, gusi yang menutupinya dapat menjadi infeksi, bengkak, dan sakit. Rasa sakit dapat menyebar hingga daerah telinga, leher, dan kepala. Infeksi ini disebut dengan pericoronitis dan harus dirawat dengan segera mengangkat gigi penyebabnya. Apabila tidak dirawat, infeksi akan menjadi lebih hebat dan menyerang area sekitar seperti tenggorokan dan leher. Infeksi pericoronitis yang hebat memerlukan perawatan intensif di rumah sakit dan operasi besar.

Selain menimbulkan infeksi, gigi geraham impaksi yang tidak diangkat akan menekan gigi sekitarnya; menyebabkan pergerakan gigi, karies, dan kerusakan gusi. Pada beberapa kasus, gigi impaksi menyebabkan kelainan yang lebih rumit seperti kista atau tumor tulang rahang. Jadi, apabila kamu mengalami gejala seperti di bawah ini:

  • Pembengkakan gusi di area belakang mulut
  • Kesulitan menutup mulut atau menggigit (terasa mengganjal)
  • Bau mulut
  • Rasa yang tidak enak pada mulut
  • Sakit pada saat mengunyah

Sebaiknya segera konsultasikan keluhan tersebut ke dokter gigi. Berkumur dengan air garam hangat dan obat pereda sakit yang dijual bebas akan membantu menyamankan keadaan tersebut, tetapi kondisi infeksinya tetap berada di dalam mulut. Rasa sakit akan kembali berulang.

Pencabutan gigi bungsu dilakukan melalui prosedur bedah minor di bawah anestesi lokal. Prosedur bedah memakan waktu 15-40 menit, bergantung dengan posisi gigi dan kesulitan kasus. Diperlukan masa pemulihan sekitar 1-3 hari. Pasien diharuskan mengkonsumsi obat antibiotik dan analgetik yang diresepkan. Sebelum prosedur bedah dilakukan, pasien diminta untuk melakukan foto radiologi panoramik dan dijelaskan mengenai rencana prosedur. Pastikan dokter gigimu memberikan penjelasan dan resiko bedah sebelum melakukan tindakan!

Buat janji